news-details

KOLABORASI KEMENTRIAN ATR/BPN BERSAMA IAP TINGKATKAN KUALITAS PENYELENGGARAAN PRI

Yogyakarta, -Urgensi percepatan penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) tidak lepas dari kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Ahli Perencanaan Wilayah dan Kota Indonesia (IAP) sebagai asosiasi profesi dan wadah perkumpulan ahli perencana di Indonesia memiliki peran dalam membantu meningkatkan kualitas SDM dan penyelenggaraan penataan ruang di Indonesia.

Jumat (26/08/2022) bertempat di Aula Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN), Yogyakarta, dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman/Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian ATR/BPN dan IAP. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief Sugoto dan Ketua Umum IAP, Hendricus Andy Simarmata.

MoU ini merupakan upaya dari Kementerian ATR/BPN bersama IAP dimana sejak tahun 2014 telah berkolaborasi untuk meningkatkan sinergi serta kualitas perencanaan penataan ruang di Indonesia.

pada kesempatan ini, Himawan Arief Sugoto menyampaikan tujuan dari MoU ini adalah membangun sinergi peningkatan penyelenggaraan penataan ruang dalam bidang pengembangan kompetensi SDM dan juga kajian dalam pengambilan kebijakan. Melalui forum ini para planner diharapkan berkoordinasi dengan Kementerian ATR/BPN untuk dapat menyiapkan dan berkontribusi dalam perencanaan tata ruang.

"Pak Menteri berupaya mempercepat RDTR karena ini adalah pintu masuk dalam lingkup kegiatan berusaha. Teman-teman IAP silakan berkontribusi, tetapi dalam pelaksanaannya kita punya ketentuan seperti yang ada dalam MoU ini. Dalam melaksanakan proyek perencanaan tentunya mengikuti aturan Kementerian ATR/BPN," jelas Himawan lebih lanjut.

Direktur Jenderal Tata Ruang, Gabriel Triwibawa pada kesempatan yang sama mengungkapkan bahwa tenaga profesional di bidang planologi berperan penting dalam menyiapkan peradaban kehidupan baru. "Intinya kita mempunyai goal yang sama untuk peradaban masa depan. Mudah-mudahan MoU ini berpengaruh besar dalam percepatan RDTR serta akselerasi Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR)," ujarnya.

Turut hadir pula dalam kegiatan ini diantaranya Direktur Jenderal Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang Budi Situmorang, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi D.I. Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur; Juru Bicara Kementerian ATR/BPN, T. Hari Prihatono; Ketua STPN, Senthot Sudirman; serta jajaran IAP dari berbagai provinsi se-Indonesia.

#DitjenTataRuang
#BersamaMenataRuang

Sekretariat Direktorat Jenderal Tata Ruang
Direktorat Jenderal Tata Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional

Twitter, Instagram, Tiktok @DitjenTataRuang
Facebook, Youtube: Ditjen Tata Ruang
Situs: tataruang.atrbpn.go.id


Sumber : Sekretariat Ditjen Tata Ruang