news-details

RAPAT PENDAHULUAN RANPERGUB KAWASAN STRATEGIS PROVINSI (KSP) PANTAI SELATAN

dalam rangka melaksanakan peran Pemerintah Daerah untuk mendukung Program Pemerintah Pusat,Pada Rabu, 29 Mei 2024  Telah dilaksanakan rapat koordinasi terkait Pembahasan Laporan Pendahuluan Penyusunan Rencana Kawasan Strategis Provinsi (KSP) Pantai Selatan Terpadu bertempat di aula rapat DPUPR Provinsi Banten.Acara ini di pimpin oleh kabid Penataan Ruang yaitu bapak Ahmad Rohilli  ATD, M.Eng dan perwakilan dari dinas terkait. Rapat Kordinasi ini dilaksanakan dalam rangka mengsingkronkan penyusunan  RANPERGUB serta mengevaluasi dengan membangun komunikasi.


 peserta Rapat Koordinasi tersebut antara lain perwakilan Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Banten yang berkaitan dalam peyusunan rencana Kawasan strategis provinsi , Kegiatan rapat dilakukan sebagai bentuk koordinasi antar Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang dalam penyusunan Ranpergub KSP Pantai Selatan Terpadu, Kawasan Strategis Provinsi merupakan bagian wilayah provinsi yang diprioritaskan karena mempunyai pengaruh sangat penting dalam lingkup wilayah provinsi di bidang ekonomi, sosial budaya, sumber daya alam dan/atau teknologi tinggi dan/atau lingkungan hidup (Peraturan Menteri ATR/BPN No. 11 Tahun 2021 tentang Penyusunan RTRWP, RTRW Kab/Kota, dan RDTR).


Dalam rakor tersebut di sampaikan Permintaan data RDTR ke kabupaten lebak dan kabupaten pandeglang untuk pembentukan wilayah inti. Koridor deliniasi untuk KSP pantai selatan (selaras, sinkronisasi, dan saling melengkapi). Pembahasan KSP mengenai infrastruktur (dilalui oleh jalan arteri primer dan jalan tol) serta pengembangan yang lainnya. Ada 10 masterplan kesepuhan dan perlu disinkronasasikan (kabupaten lebak) untuk mendukung di bidang infrastruktur dan kebencanaan yang diharuskan updating data.Dalam rapat koordinasi tersebut disampaikan penrnyataan dari beberapa peserta yang hadir, seperti dari dinas pariwisata pandeglang yang menyampaikan harapan perluasan deliniasi Kawasan strategis pantai selatan di tambahkan dengan kecamatan cibaliung. Sedangkan dari Bapeddalitbang Kab Lebak menyatakan deliniasi pantai selatan kecamatan cibeber disarankan mengganti kecamatan gunung kencana.